Tugas PenKom 2 : Tutorial I/O System dan Storage

Pada postingan kali ini, gue pengin jelasin berbagai tutorial yang ga wah-wah banget tapi lumayan berguna untuk beberapa keperluan, khususnya dalam pemakaian komputer. Mungkin ada yang bingung dengan judul kali ini, apasih I/O? Sebenarnya I/O itu term yang biasa digunakan untuk menyingkat input dan output. Udah gitu doang wkwkwk. Kenapa disingkat biar judulnya ga panjang-panjang banget dan keren aja gitu term-nya wkwkwk.

Langsung aja, sebenarnya apasih input system, output system, dan storage? Kalo dari google dan blog kating, mereka itu bagian-bagian dari hardware gampangnya. Terus kalo hardware? Buka ini aja deh, bakal kepanjangan kalo semuanya ditulis wkwkwk. Atau kalo mau ngelihat langsung apa sih hardware komputer kita apa, caranya tinggal klik start, lalu ketik dxdiag, ntar muncul deh hardware komputer kita.

1.png
Iya, laptop gue masih Core 2 Duo, yang Centrino lagi wkwkwk.

Input sistem itu contoh alatnya seperti mouse dan keyboard. Fungsinya memasukkan data atau perintah untuk diproses gitu. Nah disini gue pengin jelasin trik-trik yang mungkin berguna.

Mouse

3.PNG
Klik tombol start, terus pencet control panel. Kalau ga muncul kaya gini coba tanya aspraknya wkwkwk
4.PNG
Klik tulisan Hardware and Sound, nanti muncul kaya gini. Habis itu langsung klik tulisan mouse.

5

Button configuration fungsinya menukar tombol utama di mouse, sangat berguna kalau kalian kidal. Fungsi untuk double klik speed adalah untuk mengubah kecepatan antara klik pertama dan kedua. Fungsi dari turn on ClickLock adalah untuk memungkinkan kita untuk menyorot atau seret tanpa menekan tombol mouse.

6.PNG

Pada menu pointers, kita dapat mengubah bentuk pointer yang kita inginkan. Pointer ini bisa kita dapatkan di internet maupun bikin sendiri. Sebagai informasi, dulu pointer gue Naruto. Kalo dipikir-pikir ga ada faedahnya sih, baik Naruto maupun informasi ini wkwkwk.

7

Pada pointer options, terdapat menu Motion untuk mengatur seberapa cepat pointer speed yang kita butuhkan. Visibility terbagi tiga: Display pointer trails, untuk mengatur ada tidaknya bayangan yang mengikuti kursor. Kalo pake pointer Naruto, fungsi ini terlihat berfaedah karena terlihat Naruto sedang menggunakan jurus seribu bayangan. Maklumi imajinasi SD gue yak wkwkwk; Hide pointer while typing, untuk menyembunyikan pointer saat melakukan pengetikan; serta Show location of pointer, yaitu untuk mencari kursor hanya dengan menekan tuts CTRL.

8.PNG

Kalo ini untuk ngatur scroll mouse kita. Vertical Scrolling Ini berhubungan dengan berapa banyak bagian akan digulung, semakin  tinggi akan semakin cepat. Sedangkan Horizontal Scrolling akan berfungsi mengatur kecepatan scroll dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Keyboard

10
Ketik keyboard di control panel dan pilih, nanti yang muncul ini

Fungsi Character repeat adalah untuk mengatur panjang atau pendeknya waktu tunggu jika kita menekan salah satu tombol di keyboard selama beberapa saat untuk mengulang karakter dari tombol yang kita tekan tersebut. Fungsinya  Repeat rate adalah untuk mengatur cepat atau pendeknya pengulangan karakter pada tombol yang kita tekan.

Kalau output system itu menampilkan hasil olahan dari input system gampangnya, contohnya itu ya printer dan VGA.

Printer

12.PNG
Kalau buka Control panel, klik tulisan View device and Printer, nanti muncul tampilan seperti di atas.

Disini kita dapat mengatur printer yang akan digunakan, maupun menambahkan printer baru.

VGA

13
Klik kanan pada desktop, lalu pilih Screen resolution

14.PNG

Disini kita bisa mengatur resolusi dari display kita, umumnya perbandingan display laptop adalah 16:9.

15
Kalau tulisan Advanced settings diklik, yang muncul adalah informasi tentang VGA kita.

Yang terakhir adalah storage. Storage adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data-data dan pekerjaan kita, contohnya adalah RAM.

RAM

Kalau dari google RAM merupakan jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile) dan bersifat sementara (data yang berada dalam RAM akan hilang jika mati listrik). Cara mengecek RAM bisa diliat dari dxdiag, tulisan Memory di bawah menunjukkan berapa besarnya RAM yang kita punya.

2.PNG

Udah kali ya dari gue tentang tutorial-tutorialnya, ini masih sebagian kecil sih, tapi kalau diutak atik sendiri juga bakal nemu ko wkwkwk. Dan semoga bisa beli laptop baru, aamiin wkwkwk.

Advertisements
Posted in IPB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s