Tugas Penkom 9 : Visualisasi Data

Visualisasi data dilihat oleh banyak bidang ilmu sebagai komunikasi visual modern. Visualisasi data tidak berada di bawah bidang manapun, melainkan interpretasi di antara banyak bidang (misalnya, terkadang dilihat sebagai cabang modern dari statistik deskriptif oleh beberapa orang, tetapi juga sebagai dasar alat pengembangan oleh yang lain). Visualisasi data mengikutkan pembuatan dan kajian dari representasi visual dari data, artinya “informasi yang telah diabstraksikan dalam bentuk skematis, termasuk atribut atau variabel dari unit informasi”.

Visualisasi data dapat dibuat dengan berbagai software, salah satu contohnya Microsoft excel. Pada tutorial kali ini, kita menggunakan software tersebut.

Grafik?

Grafik adalah penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Selain itu grafik juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi.

Macam-macam grafik

1. Column charts (Grafik Kolom)
Grafik Kolom sangat berguna untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item.

2. Line charts (Grafik Garis)
Grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada interval/rentang waktu yang sama.

3. Pie charts (Grafik lingkaran)
Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data (dalam bentuk satu lingkaran).

4. Bar charts (Grafik batang)
Grafik batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item.

5. Area charts (Grafik bidang)
Grafik bidang menekankan besarnya perubahan dari waktu ke waktu.

6. XY (scatter) charts (Grafik penyebaran)
Grafik penyebaran menunjukkan hubungan antara nilai numerik pada beberapa rangkaian data.

7. Stock charts (Grafik stok)
Seperti namanya, grafik stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian.

8. Surface charts (Grafik permukaan)
Grafik permukaan sangat berguna ketika kita ingin mencari kombinasi yang optimal dari 2 rangkaian data. Seperti dalam peta topografi, warna dan pola menunjukkan daerah yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

9. Doughnut charts (Grafik donat)
Seperti grafik lingkaran, grafik donat menunjukkan hubungan dari suatu bagian dengan keseluruhan data, tetapi dapat berisi lebih dari satu rangkaian data.

10. Bubble charts (Grafik gelembung)
Data diatur dalam kolom sehingga nilai-nilai x (horizontal) tercantum pada kolom pertama (kiri) dan nilai-nilai y (vertical) yang sesuai dan nilai-nilai ukuran gelembung tercantum dalam kolom yang berdekatan, dapat diplot dalam grafik gelembung.

11. Radar charts (Grafik radar)
Grafik radar membandingkan nilai keseluruhan dari sejumlah rangkaian data.

Cara membuat grafik

90
Untuk membuat grafik, diperlukan data. Kali ini menggunakan data IP Mahasiswa IPB
91
Blok data yang ingin dibuat grafiknya. Lalu pada tab Insert, terdapat beberapa pilihan grafik yang dapat digunakan. Namun tidak semua data cocok dengan grafik yang diinginkan.
92
Voila, muncul grafiknya.
93
Untuk merubah tampilan grafiknya, Microsoft excel menyediakan beberapa pilihan untuk mengubahnya. Tab Desgin memfokuskan tampilan secara general. Tab Layout berguna untuk menambahkan title, gambar, dan tampilan legendanya. Tab Format berguna untuk merubah tampilan secara spesifik.
94
Untuk mengubah tipe chart, kita dapat klik Change Chart Type. Akan muncul berbagai tampilan chart yang dapat digunakan
95
Kita juga dapat menukar tampilan kolom dan baris dengan cara klik kanan pada tabel, lalu pilih Select Data Source. Setelah itu klik Switch Row/Column
96
Kita juga dapat menghapus atau menambahkan data yang ingin ditampilkan, dengan cara Edit Series
97
Voila, IP ditampilkan hanya pada semester 3 dan 4
98
Kita dapat menambahkan judul pada tabel dengan cara memilih Chart Title pada tab Layout. Selain itu kita dapat mengubah tampilan pada pie chart di atas. 
99
Dengan Format Data Labels, kita dapat menampilkan informasi yang diinginkan. Kita juga dapat mengubah tampilannya.
100
Contoh di atas adalah hasil dari Format Data Labels. Selain menambahkan informasi yang ingin ditampilkan, kita juga dapat mengubah warna chart dan background.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s